October 22, 2021

Jagongan #0

Mabuk Yang Beradab

Beberapa waktu terakhir ini, sedang banyak dibicarakan oleh khalayak ramai tentang usulan pembahasan Rancangan Undang-Undang Larangan Minuman Beralkohol di Badan Legislasi (Baleg) DPR. Pro dan kontra tentu saja terjadi dengan perspektif sudut pandang masing2.

Berawal dari kehebohan itulah, kali ini Si GARDA ikut meramaikan pembahasan tentang MINOL tetapi tentu saja tidak dalam ranah politis di era sekarang.

Dalam edisi perdana JAGONGAN kali ini Si GARDA akan mengajak pemerhati Sejarah dan Budaya Nusantara untuk berdiskusi tentang serba serbi MINUM dalam Sejarah Budaya Nusantara.

Sejarah mencatat, kebiasaan minum telah hadir lama sebelum Indonesia menjadi bangsa. Catatan itu dibuktikan dalam naskah Nagarakretagama (1365) yang ditulis pada masa keemasan Kerajaan Majapahit abad ke-14. Dalam naskah itu dikisahkan, minuman beralkohol seperti tuak nyiur, arak kilang, dan tuak rumbya menjadi hidangan utama sebuah jamuan. Minuman-minuman itu ditaruh dalam sejumlah porong dan guci.

Nha….bagaimana obrolan lebih lengkap tentang Minuman Beralkohol…silakan bergabung dalam JAGONGAN “ MABUK YANG BERADAB”….
Catat jadwal tayangnya…..bisa diikuti secara off air dan on air seperti tertera pada pamflet.

Jagongan SiGARDA #: Mabuk yang beradab

Tata tradisi dalam budaya Jawa seputar unjukan dan jejak sastra yang menyertai.

Online : https://zoom.us/j/91666575563?pwd=ZXJuK1NYODJsd0NlUGpzZHR6bmxsUT09
Live Stream : https://youtube.com/c/GiriMatayaTrending

Offline : Palm Regency 73, Ngijo – Malang