Beranda-26: Misteri Selat Muria

Salam Sigarda Indonesia


Banjir yang terjadi di pesisir utara Jawa Tengah, khususnya wilayah Kudus dan sekitarnya, sering kali dikaitkan dengan keberadaan Selat Muria. Memasuki tahun 2024, Kabupaten Demak dilanda banjir terparah dalam 30 tahun, dengan daerah terdampak jauh lebih luas dari tahun-tahun sebelumnya. Bencana tersebut menghidupkan asumsi di kalangan masyarakat bahwa Selat Muria akan terbentuk lagi. 


Selat Muria merupakan selat yang pernah menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Muria, yang kini menjadi Kabupaten Jepara, Pati, dan Kudus. Saat ini, Selat Muria telah menjadi daratan yang meliputi wilayah Demak, Kudus, Grobogan, Pati, dan Rembang. Pulau Muria pun menyatu dengan Pulau Jawa. Bukti dari sisa-sisa Selat Muria juga dapat dijumpai pada Situs Purbakala Patiayam, Kudus, yang banyak menyimpan fosil-fosil hewan laut serta bangkai kapal. Walaupun sudah lenyap selama beberapa abad, ternyata Selat Muria zaman dulu menyimpan kisah yang tidak sedikit dan memegang peran penting, terutama dalam bidang pelayaran.


Di Beranda #28, Sigarda Indonesia akan membahas tentang "𝑴𝙄𝑺𝙏𝑬𝙍𝑰  𝙎𝑬𝙇𝑨𝙏 𝙈𝑼𝙍𝑰𝘼" bersama para peneliti dan akademisi  yaitu  𝐏𝐫𝐨𝐟. 𝐑𝐢𝐬. 𝐃𝐫. 𝐇𝐚𝐫𝐫𝐲 𝐓𝐫𝐮𝐦𝐚𝐧 𝐒𝐢𝐦𝐚𝐧𝐣𝐮𝐧𝐭𝐚𝐤 (Peneliti Arkeologi-CPAS), 𝐃𝐫. 𝐄𝐤𝐨 𝐏𝐮𝐧𝐭𝐨 𝐇𝐞𝐧𝐝𝐫𝐨, 𝐌𝐀. (Dosen Antropologi UNDIP) dan 𝐏𝐫𝐨𝐟. 𝐑𝐢𝐬. 𝐃𝐫. 𝐈𝐫. 𝐒𝐮𝐭𝐢𝐤𝐧𝐨 𝐁𝐫𝐨𝐭𝐨 (Peneliti Geologi Independen).  Pembahasan menarik ini akan dipandu oleh Host 𝐑𝐚𝐠𝐢𝐥 𝐇𝐚𝐫𝐲𝐨 (Guru SMA 2 Pati)


SIGARDA INDONESIA mengundang Anda untuk hadir dalam BERANDA SIGARDA#28


Hari/tanggal : Rabu/17 Juli 2024

Jam               : 19.00 WIB


Bergabung ke Rapat Zoom

https://unnes-ac-id.zoom.us/j/98172995474?pwd=ErMNq7zPE8KlpwbnNQWlPGnhW9e78C.1


ID Rapat: 98172995474

Passcode: sigarda


Dan dapat diikuti dalam siaran langsung Youtube Sigarda melalui tautan berikut

https://linktr.ee/sigarda


Bapak/Ibu Guru, info tersedia di platform Merdeka Mengajar di tautan berikut: https://guru.kemdikbud.go.id/komunitas/webinar/465f1f7b-7ad4-4993-8f5d-c3ac4d2eba60?source=COMMUNITY_UNTUK_ANDA_TAB


Mohon perkenan untuk berperan serta dalam Kegiatan Sigarda Indonesia melalui

https://trakteer.id/sigarda


Sampai bertemu di ruang obrolan Sigarda. Terimakasih.


𝙎𝒊𝙜𝒂𝙧𝒅𝙖 𝙋𝒆𝙣𝒈𝙜𝒆𝙧𝒂𝙠 𝙍𝒐𝙙𝒂 𝑩𝙪𝒅𝙖𝒚𝙖 𝙆𝒊𝙩𝒂 𝑩𝙚𝒓𝙨𝒂𝙢𝒂


#KENALI

#CINTAI

#Bersama

#SINAU_CAGAR_BUDAYA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama